SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Salah satu cara agar berhasil melakukan pola makan makanan mentah

Salah satu cara agar berhasil melakukan pola makan makanan mentah

 

Salah cara agar kita berhasil melakukan pola makan makanan mentah adalah banyak makan buah manis tidak berlemak pada pagi hari hingga benar-benar kenyang dan membuat kita tidak kelaparan atau “craving” pada jam-jam berikutnya. Sarapan pagi dengan buah manis tidak berlemak ini merupakan suatu keharusan agar kita tetap berenergi sepanjang hari dan menghapuskan keinginan atas makanan-makanan yang lain yang kurang baik. Mereka yang tidak melakukan sarapan pagi akan sulit mengatasi keinginan makan makanan kurang baik pada jam-jam makan siang dan mereka akan cenderung terlalu banyak makan.

 

Siang hari atau agak sore, bila sudah mulai terasa lapar, bisa kita mulai lagi makan buah manis tak berlemak lagi secukupnya atau minum jus sayur atau salad dengan ‘dressing’1) yang baik.

 

Sayur hijau dan sayur yang lain yang mentah dan organik lebih merupakan obat ketimbang ketimbang makanan yang baik. Mereka yang sedang melakukan transisi makan makanan mentah memang dianjurkan untuk juga mengkonsumsi sayuran hijau, tetapi bila kondisinya sudah prima, porsi yang terbesar tetap pada buah.

 

Tubuh manusia cenderung seperti simpanse dan gorila. Mereka lebih banyak makan buah ketimbang sayur dan mereka secara alami akan makan daun bila mereka sakit. Anjing dan kucing juga melakukan hal yang sama, yaitu makan rumput, bila mereka sakit.

 

Sesedikit mungkin makan biji. Hindari sama sekali produk hewani, tepung dan gorengan.

 

Contoh buah manis dan tak berlemak adalah : pisang, mangga, pepaya, semangka, jeruk manis, sawo dst. Tetapi apokad, durian dan kelapa bukanlah buah manis yang baik.

 

Yang paling mengejutkan adalah kelapa. Air kelapa berbeda dengan santan. Air kelapa merupakan makanan rendah lemak, hanya 9% dari kalori yang diberikannya berupa lemak. Tetapi daging kelapa tua yang berwarna putih mengandung 80% lemak darikalori yang diberikannya dan mengandung sekitar 133 g lemak tiap satu kelapa. Kandungan lemak pada kelapa tergantung kematangan kelapa itu sendiri. Kelapa muda mengandung sekitar 18% lemak dari kalori yang diberikannya dan satu kelapa hanya mengandung lemak sekitar 3 g.

 

Bagaimana dengan minyak kelapa (seperti juga minyak yang lain: minyak zaitun, minyak jagung) mentah? Yang matang atau sudah dipanaskan tentu sangat jelek karena begitu banyak mengandung kolesterol jahat dan juga minyak trans yang buruk untuk kesehatan. Yang asli, yang diperoleh dengan tekanan, memang tidak mengandung minyak jenuh tetapi terdiri atas lemak 100%, dan hanyalah minyak, yang sama sekali bukan makanan sehat. Jika kita masih ingin menggunakannya, batasi penggunaannya hanya 1 sendok makan perhari dan jangan sampai memanaskannya.

 

Jadi, kenyangkan dulu perut kita pada pagi hari dengan buah manis tidak berlemak, kemudian bila lapar pada siang atau sore hari batasi mengkonsumsi buah berlemak dan biji. “Green smoothies” akan menyegarkan kita pada sore hari. Atau boleh juga, air kelapa muda dan dagingnya? …asal jangan digunakan untuk mengenyangkan.

 

Rasa lapar, pusing atau sering perut merasa keroncongan dst kalau memulai makan mentah bisa ditutup dengan makan buah manis tak berlemak.

 

Silahkan mencoba dan terus menjadi sehat segar bugar selalu!

 

 

Ditulis dari berbagai cerita, artikel dan tulisan para rawfoodist tingkat dunia (dan simpatisannya) yang berhasil mengubah pola makan banyak orang, seperti : Victoria Buetenko, Swayze Foster, Karen Ranzi, Gabriel Cousin, serta ‘para sahabat atau saudara di seluruh dunia yang mendukung gerakan kembali ke alam’.


Makanan mentah atau makanan kehidupan atau living food adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Daging, telur, ikan dan susu mentah tidak termasuk ke dalam golongan makanan kehidupan karena mereka tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

1 Comment»

  Zenith Tacia Ibanez wrote @

Kenapa ya buah kelapa tua kandungan minyaknya bertambah banyak?

Like


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: