SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Rematik (4)

Rematik (4)


Masih ingat bahwa lemak merupakan salah satu penyebab utama timbulnya rematik?

(lihat bagian 2: http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/333fed42cde19840#)? Hubungan antara lemak yang kita konsumsi dan terjadinya arthritis (penyakit persendian) ternyata lebih parah daripada yang kita pikirkan. Oleh karena itu, penting bagi penderita penyakit persendian untuk lebih memperhatikan penyebabnya ketimbang hanya jengkel dan berusaha menghilangkan gejala yang nampak.

 

Ketika lemak jenuh dikonsumsi dan berakumulasi dalam tubuh, tubuh berusaha payah untuk memproses lemak tersebut dengan berbagai cara. Sebagai usaha tersebut, sejumlah larutan dikeluarkan untuk memprosesnya, tetapi beberapa larutan itu juga menjadi pemicu kerusakan pada berbagai bagian vital tubuh termasuk persendian. Hal inilah yang disebut dengan autoimun atau auto-antibodi. Jadi, tidak hanya menyingkirkan lemak tetapi mereka juga justru menciptakan respon pro-peradangan yang memperburuk penderitaan. Kita akan melihat begitu banyak sel-sel darah putih tepat pada lokasi peradangan arthritis rematik.

 

Penelitian yang dilakukan oleh Tim Penelita Department of Medicine, Wayne State University, Detroit, Michigan18) menunjukkan bahwa para pasien yang melakukan pola makan ketat tanpa lemak menjadi terbebas dari arthritis dan penderitaan kembali terulang ketika mereka mengkonsumsi lemak lagi. Mereka terbebaskan dari penderitaan hanya dalam beberapa hari melakukan diet ketat tanpa lemak. Sejak itu, dalam 14 bulan mereka terbebaskan dari penderitaan, tetapi begitu  mereka diminta untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, penderitaan langsung berulang kembali hanya dalam 24 hingga 48 jam kemudian.

 

Semua lemak berlebihan akan mengganggu sistem tubuh dan mengakibatkan berbagai kejadian autoimun seperti diabetes (lihat diskusi sebelumnya19)) dan arthritis. Lemak itu bisa timbul dari semua produk hewani termasuk susu serta juga dari lemak-lemak yang lain seperti minyak kelapa sawit, minyak kelapa dan juga bahkan minyak zaitun serta juga  yang konon, yang katanya, mengandung omega-6 seperti minyak jagung, minyak atsiri (safflower) dan minyak bunga matahari.

 

Sangat membatasi asupan lemak dari apapun tentu akan membantu mencegah terjadinya arthritis dan membantu tubuh memulihkan sendiri dari penderitaan. Salah gerak seperti terkilir atau syaraf terjepit atau ‘karena terlalu keras berolah raga’ serta mungkin ‘karena kelainan struktur tubuh’ akan kembali pulih setelah kondisi itu dikembalikan. Namun, asupan lemak akan memperburuk keadaan sehingga pemulihan tidak terjadi.

 

Tidak hanya itu, tidak hanya lemak dari makanan yang memperburuk keadaan. Sel-sel lemak dalam tubuh juga mengakibatkan hal yang sama. Sel-sel lemak itu memproduksi zat yang menyulitkan tubuh menghentikan peradangan yang disebut dengan “leptin”.

 

Orang-orang yang kelebihan lemak atau kegemukan akan memproduksi leptin lebih banyak dan beredar ke seluruh tubuh sehingga penderitaan tidak hanya pada salah satu sendi, misalnya lutut, tetapi juga bisa mencapai siku, bahu dan tiap persendian yang ada dalam tubuh.

 

Padahal leptin hanyalah merupakan salah satu stimulan peradangan yang kewalahan menghalangi peradangan sehingga biasanya sebagian besar penderita akan berlanjut tak pernah berhenti dengan penderitaan autoimun yang kronis pada bagian lain dan juga meningkatkan resiko terjadinya Alzheimer’s dan kanker.

 

Solusinya sederhana: hindari kelebihan lemak tubuh atau jaga jangan sampai gemuk dan hindari makanan berlemak. Perbanyak makan buah manis tak berlemak segar, lengkapi dengan sayur organik berwarna hijau segar, hindari berbagai jenis tepung, sesedikit mungkin makanan yang sudah dimasak, sedikit sekali saja mengkonsumsi biji dan makanan kering, hindari gorengan…. dan tentu juga rajin berolahraga yang baik, bersyukur kepada Tuhan.., tentu akan membuat kita terus sehat dan bugar serta bebas dari arthritis.

 

Lagi-lagi, apakah hanya lemak? Bagaimana dengan asam urat dan gout? Apakah juga karena lemak? Ikuti pembahasan-pembahasan berikutnya..

 

dan selamat makin sehat dan segar bugar!

 

—————————————————- bersambung —————————————————————

1) Keluarga Victoria Buetenko, (pernah dikutip pada diskusi sebelumnya), http://greensmoothiesblog.com/vitamin-k-deficiencies-arthritis/

2) http://www.mirror.co.uk/life-style/dieting/dieting-news/tm_objectid=17024367&method=full&siteid=115875&headline=exclusive–raw-food-diet-has-cured-my-arthritis-name_page.html

3) http://www.care2.com/c2c/share/detail/92623

4)http://rawglow.com/blog/2009/07/08/raw-food-arthritis-testimonial/

5) http://www.beautifulonraw.com/raw-food-blog/rheumatoid-arthritis-helped-with-the-raw-food-diet-mama-we-need-you/

6) http://www.youtube.com/watch?v=z3xOU2tLl7g&feature=player_embedded

7) http://www.youtube.com/watch?v=y7TxqIurs2o&feature=player_embedded

8) http://lightningfitness.org/testimonials_about_healing_with_raw_unprocessed_foods_the_paradise_diet/

9) Vangsness Jr, C.; Spiker, W.; Erickson, J.,  “A review of evidence-based medicine for glucosamine and chondroitin sulfate use in knee osteoarthritis”. Arthroscopy 25 (1): 86–94, 2009.

10) Wandel S, Jüni P, Tendal B, Nüesch E, Villiger PM, Welton NJ, Trelle S, “Effects of glucosamine, chondroitin, or placebo in patients with osteoarthritis of hip or knee: network meta-analysis”British Medical Journal 341 (sep16 2): c4675, “Compared with placebo, glucosamine, chondroitin, and their combination do not reduce joint pain or have an impact on narrowing of joint space”, 2010.

11) Lafontaine-Lacasse M, Dore M, Picard, F, “Hexosamines stimulate apoptosis by altering Sirt1 action and levelsin rodent pancreatic β-cells”. Journal of Endocrinology 208 (1): 41–9, January 2011.

12) Majithia V, Geraci SA , “Rheumatoid arthritis: diagnosis and management”, American Journal of Medicine: volume 120 ( issue 11): 936–939, November 2007.

13) http://arthritis.about.com/od/mortality/a/lifeexpectancy.htm

14)http://www.yourmedicaldetective.com/public/Mayo_Clinic_Finds_that_Rheumatoid_Arthritis_Patients_Have_Higher_Risk_for_Heart_Disease_And_Cardiac_Sudden_Death.cfm

15) Gabriel SE, Crowson CS, “Risk Factors for Cardiovascular in Rheumatoid Arthritis”, UN National Library of Medicine National Institutes of Health, Mennesota, January 2012.

16) http://www.centerforfoodallergies.com/arthritis.htm

17) http://childrenallergyclinic.wordpress.com/2009/02/01/tes-alergi-apakah-sudah-memastikan-penyebab-alergi-makanan/

18) Charles P. Lucas Ph. D. and Lawrence Power Ph. D., “Dietary Fat Aggravates Active Rheumatoid Arthritis,” Department of Medicine, Wayne State University, Detroit, Michigan, 1989.

19) http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/6229e9df1cdf099f#


Makanan segar atau makanan kehidupan atau living food adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Daging, telur, ikan dan susu mentah tidak termasuk ke dalam golongan makanan kehidupan karena mereka tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

No comments yet»

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: