SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Mengapa harus Buah Segar dan Sayur Organik Segar? (2, Kerapatan Kalori)

Mengapa harus Buah Segar dan Sayur Organik Segar? (2, Kerapatan Kalori)

Kalau pada pembahasan yang lalu kita membicarakan mengenai kerapatan atau kepadatan nutrisi, kali ini kita akan mengamati kerapatan kalori.

500 gram lettuce head (head of lettuce) mengandung kurang dari 100 kalori. Kalau kita jadikan per kilogram maka kerapatan atau kepadatan kalorinya akan menjadi dibawah 50 kalori/kg.

Sebaliknya, satu sendok makan minyak mengandung sekitar 120 kalori. Berarti untuk mendapat kalori yang sama, kita memerlukan 1 kg lebih lettuce head. Tapi, tentu kita tidak memilih satu sendok makan minyak untuk menggantikan 1 kg lettuce bukan?

Satu sendok makan minyak tidak mengenyangkan, tidak memenuhi keperluan nutrisi kita. Kita lebih memerlukan makan makanan yang kerapatan kalorinya rendah supaya kita bisa mengkonsumsinya sebanyak yang kita inginkan tanpa peduli dengan resiko penumpukan lemak dan racun ke dalam tubuh kita. Makanan dengan kerapatan rendah juga cepat membuat kita kenyang tanpa pernah membuat kita kebanyakan makan. Kita akan berhenti sebelum terlalu banyak.

Anda masih memilih sayur organik segar berwarna hijau  ketimbang satu sendok makan minyak untuk mengenyangkan perut bukan?

 

Bagaimana dengan buah?

Kerapatan buah segar manis matang adalah sekitar 500 hingga 600 kalori/kg. Bandingkan dengan sayur segar yang hanya berkisar 200 kalori/kg. Karena inilah maka kita lebih cepat kenyang dengan makan buah segar manis ketimbang makan sayur segar.

Banyak orang yang tetap berkurang berat badannya sekalipun dia makan banyak sekali dan tidak melakukan aktifitas banyak, yaitu jika makanan yang dimakannya kurang dari 800 kalori per kilo.

Untuk menghindari pengurangan berat badan tersebut, banyak para atlit yang hanya mau mengkonsumsi makanan yang kerapatan kalorinya rendah. Mereka akan memblender buahnya supaya serat (fiber) dalam buah itu pecah dan akan meningkatkan kerapatan kalorinya. 

Kalau kita ingin menjejalkan kalori lebih banyak tanpa ingin mengkonsumsi hal-hal yang buruk seperti minyak (sekitar 8000 kalori/kg), produk hewani (1800 – 2000 kalori/kg), biji (5600 kalori/kg) dst, blenderlah semuanya, baik sayur segar maupun buah segar matang.

Coba resep ‘green smoothie’ sederhana ini : 3 ikat (ambil daunnya saja, buang batangnya) bayam muda berwarna hijau atau head lettuce, air jeruk manis, sepotong kecil nenas dan rasakan kenikmatannya. Jangan tambahkan air biasa ya? Untung penambah rasa, bisa juga tambahkan daun rucola. Hmm, sungguh nikmat  rasanya …..Anda akan menemukan sebuah kuliner baru yang tidak Anda sangka sebelumnya.

Selamat mencoba!

(bersambung)

No comments yet»

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: