SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Mendampingi Pengobatan dan Menghindari Kanker Prostat

Mendampingi Pengobatan dan Menghindari Kanker Prostat

 

Kanker prostat memang mengerikan. Menurut data dari National Cancer Institute terbaru (bulan Desember 2011)1), satu dari enam penderita kanker prostat meninggal dunia dan kanker prostat merupakan kanker penyebab kematian nomor dua di dunia setelah kanker paru-paru. Menurut Natural Prostate Health, satu dari 35 pria meningal akibat penyakit ini.

 

Untungnya, banyak penelitian sains yang menunjukkan bahwa pola makan sangat berhubungan dengan berbagai tipe kanker, terutama kanker prostat, dan pola makan makanan mentah merupakan sebuah pilihan diet yang paling baik untuk itu.

 

Makanan mentah dapat membantu kolon membuang kotoran dengan mudah sehingga dengan demikian keseluruhan sistem tubuh akan bekerja lebih baik dan berfungsi lebih efektif menangkal segala macam penyakit. Tetapi banyak orang yang tidak mempedulikannya, mereka cenderung hanya melihat “penyakit” sebagai suatu kesendirian. Penyakit itu, misalnya : kanker, penyakit jantung, atau berbagai penyakit mematikan yang lain. Mereka hanya terfokus atau bahkan ketakutan pada penyakit itu dan tidak melihat secara keseluruhan. Mereka hanya tergerak untuk melawan dan memeranginya dengan berbagai cara. Mereka lupa bahwa secara tidak sengaja sembari berperang mereka juga terus memunculkan bibit-bibit musuh yang baru.

 

Padahal hampir semua penyakit memiliki sebab yang sama, yaitu racun yang masuk dalam diri kita sendiri, terutama dari makanan yang kita konsumsi, kemudian pengaruh polusi dalam lingkungan dan gaya hidup kurang gerak. Semua itu merupakan kondisi ideal untuk semua jenis penyakit.

 

Ketika sampai pada makanan, kita telah menyimpang begitu jauh dari yang ada di alam ini dan kita menentang hukum alam itu sendiri sehingga tidak heran kita melihat begitu banyak penyakit dan penderitaan di sekitar kita. Kalau kita menyeleraskan diri ke alam, kita akan memperoleh kembali kesehatan dan semangat alami tersebut. Tetapi, banyak orang yang sekedar menutup satu kekurangan dengan suatu yang lain, misalnya : kurang vitamin C maka dia akan beli vitamin C, atau bila ada penyakit mereka segera melawannya dengan antibiotika. Mereka mengira bahwa suplemen vitamin C itu, misalnya, dapat tepat mencukupi kebutuhannya, tanpa berpikir bisa kurang atau bahkan sering kelebihan.

 

Banyak penelitian sains yang membuktikan bahwa nutrisi dapat mengurangi resiko berbagai penyakit. Walaupun begitu, mengkonsumsi sebagian nutrisi, mengkonsumsi ekstraknya saja, yang diproduksi di dalam laboratorium, tentu bukan alami lagi.

 

Alam memberi kita semua nutrisi yang kita perlukan untuk menangkal berbagai penyakit dalam paket alami yang lengkap. Paket itu disebut dengan Makanan Utuh, terutama berupa buah dan sayur segar.

 

Makanan mentah seperti kol, brokoli, paprika merah, tomat, lettuce, anggur, pisang, apel, timun sangat baik untuk kesehatan organ dan juga kesehatan kelenjar tubuh. Makanan mentah memiliki begitu banyak manfaat dan dapat juga kita buat menjadi sebuah makanan lezat dan hobi baru yang menarik dan sehat. Buat eksperimen dengan beraneka blender buah dan sayur segar atau buat smoothies sayuran dan buah segar! Siapa tahu semua makanan yang bagus untuk kesehatan prostat itu juga ternyata sangat enak dan mudah kita buat? Bayangkan…. tanpa memasak, tanpa cari bumbu.. begitu sederhana dan rasanya, nyam, nyam…, begitu enak menyegarkan dan lezat!!!

 

Dr Russel Blaylock2), seorang ahli bedah syaraf yang banyak mempublikasi buku tentang nutrisi dan kesehatan, mengatakan bahwa kunci utama untuk menghindari kanker adalah menjaga apa yang kita masukkan ke dalam mulut.  Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para pria yang sebagian besar makanan yang dia konsumsi adalah berupa aneka sayur segar dan buah segar  yang berwarna kuning oranye akan mengurangi resiko kanker prostat hingga 41%. Kandungan seng (Zn) di dalamnya merupakan mineral yang mengurangi pembengkakan prostat. Dua flavanoid (pigmen alami) anti kanker, yaitu quercetin dan curcumin, yang ada di dalamnya secara dramatis mengurangi perkembangan, pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Lycopene (antioksidan yang membuat tomat dan semangka menjadi berwarna merah) dan nutrisi di dalam brokoli akan menghalangi pertumbuhan benih kanker prostat. Masih banyak mineral atau zat lagi yang belum dapat dijelaskan dengan baik tetapi sangat penting untuk mempertahankan kesehatan dan kesehatan prostat secara alami, dan semua itu dapat ditemukan di dalam makanan mentah yang segar.
Ada yang mengatakan juga bahwa masalah prostat pada pria dapat dikurangi dengan biji waluh (pumpkin) mentah. Taburkan biji pumpkin mentah di atas sup, atau gunakan sebagai campuran smoothies, taburkan di atas salad atau sebagai oatmeal atau muesli mentah.

 

Ada juga sebuah temuan yang dipublikasi oleh The New York Times, 15 Desember 20113), yang menyebutkan tentang manfaat minyak biji waluh untuk mencegah pembengkakan prostat. Rujukan itu sudah diedit dan diperbaiki oleh ‘Louis S. Liou MD, PhD, Guru Besar Urologi,  Departement of Surgery, Boston University School of Medicine” dan ‘David Zieve, MD, MHA, Medical Director, A.D.A.M., Inc”3). Tetapi, juga disebutkan di situ bahwa dosis suplemen zink yang berlebihan justru meningkatkan resiko dan perkembangan masalah prostat.

 

Jadi, mengapa harus tergantung suplemen, mengapa kita tidak mendapatkannya dari alam saja sehingga tak usah khawatir kekurangan dan kelebihan? Secara ajaib makanan mentah yang utuh dapat saling melengkapi dan menyediakan seluruh kebutuhan kita dan yang paling penting adalah mereka tidak menambah asupan racun ke dalam tubuh.

 

Makanan mentah segar bukanlah obat, tetapi kalau toh ada sejumlah mineral, vitamin atau enzim yang kelihatan bermanfaat ,  semua  itu hanya sekedar membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan bukan dimaksudkan untuk menutupi kekurangan nutrisi yang ada. Ramuan herbal yang keras, yang kelihatan dapat segera memulihkan, tentu bukanlah makanan segar seperti yang kita maksudkan.

 

Kalau kita sudah terlanjur sakit dan memilih suatu sistem pengobatan, baik dengan cara medis barat atau timur atau dengan obat-obat herbal atau dengan berbagai terapi yang lain, jangan lupa untuk tetap memilih diet yang baik, pilihlah makanan yang baik supaya tubuh lebih cepat memperbaiki sendiri dan tidak hanya capai melawan racun yang ada pada makanan itu. Jangan sampai kita terus berupaya melawan penyakit tetapi sementara itu kita juga membuat berbagai penyakit.

 

Selamat makin sehat dan segar bugar!

 

 

—————————————–

 

 

1) http://www.cancer.gov/cancertopics/pdq/genetics/prostate/HealthProfessional/page1

2) http://www.rawfoodinfo.com/catalog/books_excitotoxins.html

3) http://health.nytimes.com/health/guides/disease/enlarged-prostate/lifestyle-changes.html

 


Makanan mentah atau makanan kehidupan atau living food adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Daging, telur, ikan dan susu mentah tidak termasuk ke dalam golongan makanan kehidupan karena mereka tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

No comments yet»

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: