SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Mencukupi Kebutuhan atas Vitamin dan Mineral, 3, Vitamin D, Kejantanan & Libido

Kecukupan Vitamin dan Mineral

Apakah Pola Makan Segar dapat mencukupi Kebutuhan Tubuh atas Vitamin dan Mineral?


Sahabat bugar yang bahagia,

 

Melalui japri dan pertemuan langsung, sejumlah sahabat bugar bingung dengan berbagai informasi yang mereka dapat, mereka khawatir apakah pola makan segar benar-benar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Baca diskusi sebelumnya di :

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_thread/thread/73d47150c399b383#

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_thread/thread/a6c0d60d63089656#

 

lanjutan …….

 

 

Vitamin D

 

ADA (American Dietetic Association) merekomendasikan agar para podusen memfortifikasikan (menambah) vitamin D pada tiap makanan, termasuk pada susu kedelai dan rice milk, juga pada cereal dan margarine, atau menganjurkan kita untuk mengkonsumsi suplemen vitamin D. Hal itu dibuat karena sekitar 40 hingga 60% populasi Amerika Serikat,  mengalami defisiensi vitamin D. Hal itu terjadi pada semua penduduk, apakah mereka vegan atau tidak. Yang jelas, bukan karena menjadi vegan, orang menjadi mengalami defisiensi vitamin D.

 

Terlalu  banyak vitamin D juga justru menguras kadar kalsium dalam darah sehingga bisa-bisa kita aka merasa mual, ingin muntah, kurang selera makan, sulit BAB, lemas, berat badan menurun, bingung, kram perut hingga denyut jantung tidak stabil. Padahal, bagaimana kita bisa mengontrol atas berapa banyak vitamin D yang kita butuhkan, apakah vitamin yang kita konsumsi tidak membuat berlebihan atau kurang?

 

Kita beruntung tinggal di sekitar khatulistiwa. Dengan hanya makan makanan segar saja, kita tak perlu khawatir akan kekurangan vitamin D, karena toh fungsinya hanya untuk menjadi anti radikal bebas. Kalau radikal bebasnya sedikit, kita tidak perlu banyak-banyak antiradikal bukan?

 

Ingat juga bahwa vitamin D berfungsi sebagai katalisator penyerapan kalsium. Kalau kalsium dalam tulang tidak tergerogoti (misalnya karena suasana asam akibat mengkonsumsi produk hewani, gorengan, gula dan makanan diproses serta yang asin-asin),  tentu kita juga tidak memerlukan menyerap begitu banyak kalsium bukan? Artinya, kita tentu tidak membutuhkan vitamin D begitu banyak.

 

Paparan sinar matahari sekitar 10 menit per hari, tanpa sunblock, akan membuat kita melupakan tentang vitamin D itu sendiri. Kalau tubuh sehat dan bugar, apalagi yang perlu kita risaukan?

 

Buka juga diskusi yang lalu yang berjudul “Menjadi Sehat itu Memang Sangat Mahal (5), Sinar Matahari”: http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/3926d1415d6e4163#


 

Kejantanan dan Libido

 

Kejantanan dan libido amat sering menjadi pertanyaan ketika kita mengajak orang untuk berpola makan sehat, dan jawaban kita selalu tidak pernah memuaskan mereka dan sering sekali mengurungkan niat mereka untuk menjalani pola makan segar.

 

Penurunan libido dan penurunan kualitas seks tentu berbeda. Seks adalah sarana berkembang biak. Tetapi, begitu seks digunakan salah satu cara untuk mencapai kebahagiaan, orang akan berpikir berbeda. Mereka tidak akan mendapatkannya dengan melakukan pola makan segar.

 

Pada tubuh yang sehat, tentu semuanya akan menjadi baik. Kualitas sel mani pada pria, kualitas segala macam hormon juga akan menjadi prima pada segala jenis kelamin. Bilamana diperlukan, tubuh tidak memerlukan tambahan apapun untuk bisa melakukan hubungan seks.

 

Secara alami, produksi hormon-hormon seks, juga kematangan telur dan/atau sel mani, akan merangsang libido. Pada usia muda atau usia kawin pada hewan, libido itu penting agar bisa berkembang biak. Begitu sudah beranjak tua, ketika perkembangbiakan tidak diperlukan lagi, libido pasti berkurang secara alami, seiring dengan penurunan fungsi seksual.

 

Kalau kita paksa dengan steroid, atau makanan-makanan yang dapat merangsang, libido itu bisa juga tumbuh kembali, tetapi kualitas seks tetap akan sama.

 

Walaupun ada beberapa makanan mentah yang mungkin dapat meningkatkan libido, misalnya :

 

–          Celery

Celery merupakan sumber makanan mentah yang dapat meningkatkan stimulasi seks karena menganduk hormon adrosterone

–          Pisang

Pisang mengandung enzyme bromelain yang terkenal bisa meningkatkan libido dan memulihkan diri dari impoten.

–          Avocado

Avocado mengandung vitamin B6 yang dapat berfungsi meningkatkan produksi hormon seksual pria dan mengandung potasium yang dapat mengatur kelenjar thyroid pada wanita. Dua zat di dalam avocado ini, dikatakan, dapat meningkatkan libido pada wanita dan pria.

–          Bawang

Bawang mengandung allicin yang, katanya, berfungsi meningkatkan aliran darah menuju organ-organ seks.

–          Raw Chocolate

Coklat mentah mengandung phenylethylamine, sebuah senyawa yang membuat seorang wanita merasa “sedang jatuh cinta”

(http://au.askmen.com/dating/love_tip_200/230b_love_tip.html#ixzz1q1OLJ7YP)

 

tetapi tidak disarankan mengkonsumsinya kalau demi tujuan “kepuasan seks”. Bagaimana bisa puas kalau hanya libido saja yang meningkat sedangkan kemampuannya sendiri berkurang?

 

Peningkatan libido hanya membuat orang menjadi stress jika tidak diimbangi dengan kemampuan dan kesempatan yang baik serta moral yang baik. Tanpa itu semua, peningkatan libido hanya menggangu konsentrasi dan mendorong orang melakukan tindakan yang tidak benar……lalu, pada akhirnya, juga justru menimbulkan masalah yang lebih berat dan tentu juga stres yang berkepanjangan.

 

Apalagi kalau kita ingin meningkatkan libido dengan mengkonsumsi daging atau menggunakan steroid. Rangsangan yang timbul itu bukanlah berarti terjadi peningkatan hormon testosterone. Tubuh hanya mengalami peningkatan hormon adrenaline, yaitu suatu hormon yang keluar jika kita cemas, sebagai suatu respon untuk “lari atau melawan”. Hormon ini akan membuat aliran darah menuju otot meningkat sehingga kita merasa “terpompa” dan siap untuk bereaksi.

 

Daging banyak mengandung adrenalin karena hewan-hewan  mengalami stres dan ketakutan yang amat sangat ketika akan dibunuh. Stimulasi yang dihasilkan oleh adrenaline ini akan menguras habis tenaga kita, dan juga tak jarang akan membuat orang lalu cepat menjadi marah atau ketakutan.

 

Baca kembali juga pembahasan yang lalu tentang “Apa yang Kita Lakukan Jika Kondisi Tubuh tidak Fit?” di http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_thread/thread/8cde96a06029aad3#.

 

Jadi...

 

Jangan ragu untuk melakukan pola makan segar. Kita hanya perlu sedikit lebih cerdas menghadapi berbagai informasi yang datang.

 

Ada cara yang langsung dapat membuat kita menerapkan pola makan segar secara benar tetapi ada pula langkah yang salah yaitu jika kita hanya sekedar ingin melakukan pola makan mentah (mentah, bukan segar). Jika salah, kita tidak akan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tidak dapat mengurangi berat badan, tidak memiliki kecukupan energi dan tidak mendapatkan kesehatan seperti yang kita harapkan.

 

Untungnya, cara yang benar itu sangat mudah, yaitu hanya terdiri atas…

 

–          banyak makan buah segar yang manis dan tak berlemak

+

–          makan leafy greens atau minum jus leafy greens dalam jumlah yang banyak,

&

–          batasi jumlah lemak yang kita konsumsi (sekalipun raw, lemak itu terdapat pada avocado, kelapa tua, biji, minyak zaitun dst).

 

Selamat lebih ramping, sehat dan segar bugar penuh energi dan bervitalitas tinggi, tidak mudah sakit, mendapatkan kesehatan yang prima serta, tentu saja, menjadi lebih keren…!

 

 

(selesai)

 


Makanan segar atau makanan kehidupan atau living food adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Daging, telur, ikan dan susu mentah tidak termasuk ke dalam golongan makanan kehidupan karena mereka tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

No comments yet»

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: