SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Mencukupi Kebutuhan atas Vitamin dan Mineral ( 1) – B12 dan Lycopene

Apakah Pola Makan Segar dapat mencukupi Kebutuhan Tubuh atas Vitamin dan Mineral? (Vitamin B12, Lycopene)



Sahabat bugar yang bahagia,

 

Melalui japri dan pertemuan langsung, tidak sedikit sahabat bugar yang mengatakan bahwa mereka bingung dengan berbagai informasi yang mereka dapat, mereka khawatir apakah pola makan segar benar-benar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

 

Mulai dari masalah vitamin B12 yang klise itu, lycopene, masa tulang, protein, kalsium, vitamin D, berbagai mineral seperti Zink, gangguan menstruasi (pada wanita_, anemia hingga berkuangnya kejantananan (pada pria).

 

Benarkah kita perlu khawatir? Apa yang mesti kita lakukan?

 

 

Ikut pembahasan berikut dan semoga kita semua makin sehat, bugar dan tentu saja juga lebih keren! (Apakah sekarang belum cukup keren? Hehehe…..  )

 

Salam benar-benar sehat selalu….,

(tanpa obat dan tanpa suplemen tentu saja….)

 

 

Defisiensi Vitamin B12

 

Masalah vitamin B12 merupakan masalah yang paling sering mencuat. Bahkan ada yang mengatakan bahwa dari sebuah penelitian di Finlandia didapatkan bahwa sekalipun partisipan pelaku pola makan mentah memiliki tingkat kolesterol dan trigliserida yang rendah tetapi mereka mengalami defisiensi vitamin B12. Tingkat kolesterol dan trigliserida yang rendah merupakan hal yang bagus untuk tubuh tetapi defisiensi vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan kerusakan syaraf.

 

Kalau itu benar, tentu tidak berarti penyebabnya adalah pola makan mentah karena ternyata hal itu juga terjadi pada semua orang, pelaku makanan mentah atau bukan, yang vegetarian maupun pemakan daging dan susu.

 

Penyebabnya bukan karena kita kurang asupan vitamin B12 tetapi terutama karena tubuh tidak bisa menyerap vitamin B12 dengan baik.

 

Pola makan segar yang baik dan sudah dilakukan cukup lama, misalnya: lebih dari setahun, akan membuat tubuh mampu menyerap vitamin B12 dengan baik.

 

Silahkan baca ulang :

– Model Pendekatan Medis dan Model Pendekatan Kesehatan

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_thread/thread/f95242a94aef1b02#

– *Vitamin B12, 3*0)** (*dalam serial “Bagaimana Cara Terbaik Mengatasi Kebutuhan Nutrisi”*)

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_thread/thread/299c6a675d72f2d9#

– Vitamin B12, dari Dr. Gina Shaw, bagian 3

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_thread/thread/69b5a1f4b4068787#

 

 

Kadar Lycopene Rendah

 

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa pelaku pola makan mentah yang sudah lama akan memiliki kadar vitamin A dan carotenoid yang baik, yang datang dari sayuran, buah dan kacang. Kedua zat ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis. Tetapi penelitian itu juga menunjukkan bahwa para pelaku pola makan mentah itu memiliki kadar plasma lycopene yang rendah ketimbang kebanyakan orang padahal lycopene juga dikatakan berperan dalam mencegah penyakit.

 

Lycopene terdapat pada buah berwarna merah tua seperti tomat. Lycopene pada tomat sangat tinggi jika tomat itu dimasak.

 

Dari American Cancer Society :

 

Di luar lycopene, karena tomat juga mengandung banyak vitamin, potasium dan carotenoid yang lain serta antioksidan maka mungkin juga hal-hal itu juga berpengaruh terhadap efek perlindungannya. Zat-zat itu dapat berfungsi sendiri atau bersama-sama dengan lycopene.

 

Dari semua informasi yang kita dengar bersama, terlihat bahwa ilmu sains tidak menunjukkan bahwa lycopene adalah satu-satu zat yang dapat melawan kanker.

 

Tetapi, jika Anda masih khawatir tentang kadar lycopene tubuh, makanlah buah-buah segar dan sayur-sayur segar. Buah segar dan sayur segar mengandung lycopene yang memadai dan juga berbagai nutrisi pencegah dan pelawan kanker yang diperlukan tubuh. Semangka, jambu merah dan anggur juga merupakan sumber lycopene yang baik.

 

 

 

Dan jika masih khawatir juga, mengapa tidak banyak makan tomat saja?

 

(bersambung)


Makanan segar atau makanan kehidupan atau living food adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Daging, telur, ikan dan susu mentah tidak termasuk ke dalam golongan makanan kehidupan karena mereka tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

No comments yet»

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: