SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Benarkah kita perlu banyak minum air?

Benarkah kita perlu banyak minum air?

 

Beberapa hari ini beberapa saran untuk minum banyak air mencuat dan meluas lagi di dunia maya. Tetapi, beberapa tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 12 Januari 2007 di California AS, seorang ibu belia berusia 28 tahun bernama Jennifer Strange meninggal dunia di rumahnya setelah menjadi juara lomba minum air5). Hasil otopsi menunjukkan bahwa Jennifer meninggal karena terlalu banyak minum air dengan cepat sehingga menghasilkan sebuah keadaan yang disebut dengan “water intoxication”. Intosikasi air ini menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit sehingga mengakibat sebuah keadaan yang disebut “hyponatremia”. Pada keadaan hiponatremia ini tubuh tidak memiliki kecukupan sodium (garam) sehingga metabolismenya terganggu.

 

Intosikasi air terjadi bila seseorang minum terlalu banyak air sehingga berbagai nutrisi di dalam tubuhnya larut sehingga terjadi ketidakseimbangan elektrolit. Eletkrolit berupa ion-ion garam (yang bisa bermuatan positif atau negatif) yang digunakan sel-sel tubuh untuk mengalirkan cairan dan menyampaikan pesat saraf ke seluruh tubuh. Tanpa elektrolit tubuh tak akan berfungsi . Gejala-gejala intosikasi air atau hipnatremia, misalnya, adalah : bingung, berkurangnya kesadaran, halusinasi, pingsan, pusing, kehilangan gairah, kram, lesu, mual, muntah, kejang, gelisah, mudah tersinggung, terhalusinasi dan kemungkinan juga koma1).

 

Sodium merupakan ion positif yang sangat berperan dalam peredaran darah, terutama mengatur aliran cairan, mengatur tekanan darah dan menghantarkan signal-signal saraf sehingga otot bisa bekerja dengan sempurna. Sel-sel di dalam tubuh mempertahankan kadar garam di dalam tubuh dengan pergerakan air dan elektrolit masuk dan keluar dari sel. Di dalam sel terdapat lebih banyak elektrolit dibandingkan air sedangkan di luar sel terdapat air lebih banyak dibandingkan elektrolit2).

 

Ketika seseorang kebanyakan air dan tidak mendapat tambahan elektrolit maka sistem sel dalam tubuh tidak dapat mempertahankan kadar garam di dalamnya. Karena air yang masuk begitu banyak, walaupun sudah berusaha keras, tetapi sel-sel itu gagal untuk meningkatkan kadar sodium di dalam cairan tubuh. Beberapa sel menjadi membengkak dan jika itu terjadi pada sel-sel di tengkorak kepala maka akan membuat tekanan air yang besar kepada otak sehingga juga terjadi pembengkakan otak.

 

Berapa jumlah air yang kita perlukan dan berapa jumlah air yang dapat membuat seseorang menjadi mengalami intoksikasi air tidak dapat ditentukan secara umum karena hal ini sangat individual, tergantung pada keadaan masing-masing.

 

Orang-orang pemakan produk hewani dan produk olahan tentu lebih membutuhkan banyak air untuk melarutkan berbagai zat beracun yang terkandung di dalam bahan makan tersebut walaupun tentu saja dengan resiko memaksa ginjal harus bekerja lebih keras dan resiko tubuh justru menjadi kekurangan elektrolit.

 

 

Memang benar bahwa 75% lebih tubuh kita terdiri atas air atau cairan, tetapi bukan berarti kita harus menambahkannya dalam jumlah banyak untuk mempertahankan jumlahnya bukan? Tanamanpun kalau kita siram terlalu banyak maka tanahnya akan menjadi becek dan tananya menjadi lempung sehingga akhirnya justru tidak ada udara di dalamnya. Demikian pula dengan tubuh, marilah kita lebih bijak menggunakan berbagai hal agar tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit.

 

Rasa haus tidak selalu menunjukkan adanya dehidrasi. Bahkan sungguh ironis, beberapa pelari maraton jarak jauh justru meninggal karena kebanyakan air4).

 

Jika kita harus buang air kecil lebih dari sekali selama beberapa jam dan air kencing kita berwarna bening, itu salah satu pertanda kita terlalu banyak minum air.

 

Secara sederhana, lebih banyak lah menghindari produk hewani dan produk olahan (termasuk yang dimasak), perbanyak makan sayuran hijau segar dan buah segar, ketimbang melakukan terapi air (apalagi 2 liter) yang beresiko memperberat kerja ginjal dan ketidakseimbangan elektrolit-air dalam tubuh. Di dalam sayuran dan buah segar yang sudah dicuci  dengan baik serta apa lagi organik,  tidak banyak mengandung zat beracun sehingga tubuh tak lagi membutuhkan banyak air untuk melarutkannya. Jika kita menghindari produk hewani dan produk olahan, sayuran dan buah bersama dengan mineral yang ada di dalamnya sudah memberikan kecukupan air dan elektrolit untuk kita semua. Beberapa seruput air sudah akan melegakan tenggorokan kita dan membuat kita tidak kekurangan air.

 

Kalau kencing kita berwarna bening, tidak keruh, itu sudah cukup menunjukkan bahwa kita tidak kekurangan air. Dengan demikian kita juga bisa melupakan mitos “8 gelas per hari”.

 

 

__________________________________________

.

 

1) PubMedHealth, 2011, http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0001431/

2) Helmenstine, Anne Marie, Ph.D. “Can You Drink Too Much Water?” About: Chemistry.
http://chemistry.about.com/cs/5/f/blwaterintox.htm

3) Lillis, Ryan. “Woman dies from water intoxication.” The Courier News. Jan. 16, 2007.
http://www.suburbanchicagonews.com/couriernews/news/212558,3_1_EL16_A7WATER_S1.Article

4) “Hyponatremia.” MedlinePlus Encyclopedia, http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000394.htm

5) “Woman drinks so much water she dies.” CNN.com. Jan. 13, 2007, http://www.cnn.com/2007/US/01/13/water.intox.ap/index.html

 

 

 


Makanan mentah atau makanan kehidupan atau living food adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Daging, telur, ikan dan susu mentah tidak termasuk ke dalam golongan makanan kehidupan karena mereka tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

No comments yet»

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: