SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Benarkah Buah Membuat Kita Lapar?

Benarkah Buah Membuat Kita Lapar?

Mereka yang hendak mencoba melakukan pola makan makanan mentah sering berpikir dan merasa bahwa buah justru membuat lapar. Benarkah?

Sebenarnya yang membuat kita lapar adalah kebutuhan atas kalori dan kebutuhan atas nutrisi. Hal inilah yang menjelaskan mengapa orang gemuk cenderung terus makan berlebihan (sulit berhenti) dan mengapa kita tidak bisa kenyang dengan makan pil atau suplemen saja. Orang gemuk biasanya mengkonsumsi makanan yang kurang baik, sehingga mereka terus ketagihan (“craving”) akan makanan lain, tubuhnya masih kekurangan sesuatu dan mereka sulit mendapatkannya bahkan hingga perutnya penuh dengan makanan.

Buah adalah sebuah gabungan senyawa, campuran dan suatu paduan yang kompleks yang memberikan segalanya. Buah tidak hanya memberikan energi terbaik dalam bentuk glukosa gula sederhana, tetapi juga penuh dengan vitamin, mineral, antioksidan, fitokemikal dst. Buah juga mengandung banyak serat, sesuatu yang sangat diperlukan agar kita merasa kenyang setelah makan.

Buah tidak membuat lapar. Banyak orang yang sudah mencobanya dan mereka mengatakan buah justru menghilangkan rasa lapar dan ketagihan (“craving”) atas makanan yang kurang baik. Makanlah buah hingga merasa kenyang pada waktu kita makan.

Selamat mencoba melakukan pola makan makanan mentah dan selalu bugar sepanjang masa!

Harian Seputar Indonesia

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/437978/

Konsumsi Buah untuk Kesehatan Optimal PDF Print
Sunday, 23 October 2011
MENGONSUMSIbuah setiap hari belum menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat. Sebuah data menyebutkan, baru 15% penduduk di Indonesia yang mengonsumsi buah dan sayuran lebih dari lima porsi per hari.

Sementara sisanya hanya mengonsumsi kurang dari lima porsi buah dan sayur setiap hari. Buah adalah jenis menu yang bisa menyeimbangkan asupan gizi kita.Itu sebabnya, buah harus selalu dimasukkan ke dalam daftar menu sehari-hari.Ahli gizi menyarankan agar kita mengonsumsi buah-buahan minimal 2-3 porsi per hari.Tidak banyak bukan? “Konsumsilah buah sebanyak 2-3 porsi setiap hari dan sayuran sebanyak 3-5 porsi per hari.

Tidak perlu banyak karena buah dan sayur pun mudah membuat kita kenyang,”kata ahli pangan dan buah-buahan Made Astawan dalam diskusi bertema Juices Fun Facts di Jakarta,beberapa waktu lalu. Anda tentu tahu bahwa buah mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin C,asam folat,dan kalium.Fungsi vitamin C di antaranya meningkatkan penyerapan zat besi untuk mencegah anemia,membentuk kolagen untuk kesehatan kulit,dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Adapun fungsi asam folat untuk mencegah neural tube defects pada janin selama masa kehamilan.Sementara,fungsi mineral kalium adalah mencegah hipertensi dan sebagai muscle relaxant. Menurut Made,di samping manfaat gizi yang bisa diambil, buah juga mengandung komponen nongizi yang dapat diunggulkan.Komponen itu antara lain serat pangan (dietary fiber),komponen bioaktif, dan pigmen pemberi warna. Made mengungkapkan, angka konsumsi serat pangan pada orang dewasa secara nasional rata-rata adalah 10,5 gram per hari.

Sementara, yang direkomendasikan yakni 25-30 gram per hari.Buah secara alami juga mengandung komponen bioaktif yang memiliki fungsi menangkal sejumlah penyakit dan zat-zat yang dapat merusak kesehatan. Adapun yang menarik, buah juga mengandung pigmen pemberi warna alami. National Cancer Institute di Amerika Serikat,Made menyebutkan,bahkan sudah membuat anjuran agar kita mengonsumsi lima kelompok bahan pangan berwarna setiap hari,yaitu merah,putih, biru/ungu,kuning,dan hijau.

“Malah di Jepang,warganya dianjurkan mengonsumsi pangan dengan sembilan warna tiap hari.Setiap warna menunjukkan keberadaan senyawa bioaktif tertentu yang berkhasiat untuk pencegahan terhadap penyakit tertentu,”papar penulis buku Sehat dengan Buahitu. Ambil contoh,buah berwarna merah seperti semangka,mengandung komponen bioaktif likopen yang berfungsi mencegah penyakit jantung,prostat,dan kanker.Atau apel merah, stroberi,dan anggur merah yang mengandung antosianin, asam elagik,vitamin C,dan serat yang bermanfaat untuk mencegah gumpalan darah, alzheimer,dan kanker.

Sementara,apricotdan mangga yang berwarna oranye mengandung komponen bioaktif alfa-karoten, beta-karoten,vitamin C,plus folat yang dapat mencegah penyakit paru-paru, jantung,dan kanker. Buah berwarna kuning seperti jeruk,pepaya,dan belimbing dapat pula mencegah kanker. Adapun alpukat,apel hijau, melon,dan kiwi bermanfaat untuk “memerangi”katarak, degenerasi makular,dan kanker. Selain dimakan langsung, buah juga dapat dikomsumsi dalam bentuk sari buah atau jus.Jus memiliki “keunggulan” dibandingkan buah-buahan segar,antara lain mudah dicerna dalam waktu singkat sehingga zat-zat gizinya akan lebih mudah diserap tubuh.

“Lambung manusia kan terbatas kapasitasnya.Kalau makan makanan padat,perlu waktu pencernaan yang lebih lama,”ujar Made. Menurut ketentuan Badan Pengawas Obat dan Makanan, sari buah merupakan cairan yang diperoleh dari 100% bagian buah.Sari buah bisa dari buah tunggal ataupun campuran buah yang digiling atau dihancurkan.“Menurut ketentuan tersebut,sari buah dan minuman rasa buah tidak sama.

Kalau sari buah,total sarinya mencapai 35% dengan atau tanpa tambahan gula.Sementara,minuman rasa buah adalah sari buah yang sudah diencerkan dengan air. Total sari buahnya hanya 10% dengan penambahan bahanbahan lain,”sebut Made. titi s apridawaty


Makanan mentah atau makanan kehidupan atau living food adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Daging, telur, ikan dan susu mentah tidak termasuk ke dalam golongan makanan kehidupan karena mereka tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

No comments yet»

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: