SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Bagaimana Cara Terbaik Mengatasi Kebutuhan Nutrisi? (1

Bagaimana Cara Terbaik Mengatasi Kebutuhan Nutrisi? (1)

 

Apakah kita perlu belajar ilmu gizi atau nutrisi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan nutrisi? Tentu tidak, tidak sama sekali. Dan …seperti sudah kita duga, caranya  sangat sederhana, yaitu (sudah amat sering disebutkan) dengan melakukan pola makan segar:

 

–          penuhi kebutuhan energi atau kalori dengan banyak makan buah manis segar tanpa lemak

–          penuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan banyak makan sayur segar berwarna hijau

–          buat variasi dengan sedikit sekali biji

–          hindari sama sekali segala jenis produk hewani (daging, susu, telur, ikan)

–      hindari sama sekali suplemen penambah tenaga, peningkat libido  dan atau pembesar otot (energy drinks dan berbagai suplemen mengandung steroid)

–          hindari sama sekali rokok, alkohol dan narkoba

–          hindari gula putih dan gula olahan termasuk agave, aspartam, madu, gula merah, stevia dst

–    hindari antibiotika, obat farmasi maupun herbal, suplemen vitamin (chlorophyl, kulit manggis, mengkudu, buah merah, cuka apel), suplemen penambah tenaga (kopi, energy drinks dan berbagai suplemen mengandung steroid) dst bila kita tidak dalam kondisi yang demikian sangat-sangat memaksa

–          batasi seketat mungkin atau kalau bisa hindari segala jenis tepung (nasi, roti, mi, pasta, kentang dst)

–          batasi seketat mungkin atau kalau bisa hindari segala jenis garam, termasuk garam himalaya

–          batasi seketat mungkin atau kalau bisa hindari segala jenis minyak, terutama margarin dan minyak yang ada dalam makanan (untuk menggoreng), minyak zaitun, minyak jagung, minyak salad (minyak kedelai) dst..

–          batasi seketat mungkin kalau bisa hindari makanan yang dimasak atau sudah diproses

–          cukup paparan sinar matahari

–          olah raga yang tepat

–          terakhir dan terutama : selalu bersyukur kepada Tuhan.

 

Dengan menerapkan pola makan segar kita tidak akan membutuhkan berbagai nutrisi seperti yang diajarkan mereka yang melakukan pola makan Amerika atau pola nutrisi yang ditetapkan sebagai standar kebutuhan orang yang juga banyak dianut oleh para ahli nutrisi di berbagai penjuru dunia.

 

Namun, walau begitu sederhana caranya, walau begitu besar manfaatnya, tetapi seperti banyak orang katakan dan alami, tak semudah itu melaksanakannya. Perlu berbagai hal utama agar kita bisa menerapkannya dalam kehidupan, yaitu antara lain : motivasi, dukungan dari lingkungan dan pengetahuan yang memadai.

 

Tanpa motivasi yang kuat, kita akan mudah tergiur oleh makanan-makanan yang sangat merusak kesehatan. Kita akan selalu berpikir:

 

–          ‘ah, sedikit saja tidak apa-apa, apapun kalau kelebihan tentu tidak baik”, padahal walaupun sedikit tentu sudah menjadi berlebihan karena sesungguhnya tiap hari kita sudah terbiasa mengakumulasikan racun dalam tubuh dalam suatu gudang yang disebut dengan lemak

–          “hmmm, sekarang hari terakhir, besok baru mulai ketat” …dan selamanya kita selalu begitu, selalu besok… hahaha…

–          “hari ini melanggar pantangan karena menghadiri pesta atau diajak makan bersama..”…dan akhirnya besoknya diulang lagi karena ada terus ada undangan bahkan kita juga terpaksa mengundang

–          ‘toh mereka juga kelihatan sehat-sehat saja sekalipun mereka begitu banyak memasukkan racun, berarti kalau hanya sesekali dan sedikit tentu tidak apa-apa

 

Dan…, untuk mendapat motivasi yang kuat kita perlu pengetahuan yang kuat tentang pola makanan segar. Kita perlu mengerti begitu banyak manfaat dengan menerapkan pola makan segar yang sangat sederhana itu. Baca tulisan tentang manfaatnya pada ‘diskusi-diskusi yang sudah dipublikasi sebelum ini’.

 

Selain itu, tanpa pengetahuan yang memadai kita akan tidak akan tegar menerapkannya dalam kehidupan. Kita akan menjadi ragu begitu tubuh kita agak sakit, atau mungkin kurus, atau merasa lemah. Kita juga akan terus menjadi gentar begitu mendapat serangan dari dokter, ahli gizi dan sanak saudara kita.

 

Dukungan dari lingkungan hanya bisa terwujud kalau kita bisa membuktikan bahwa setelah melakukan pola makanan segar kita benar-benar bisa menjadi lebih ceria, segar, bugar dan tidak mudah sakit.

 

Tanpa pengetahuan yang memadai pula, kita mungkin juga lalu menjadi kurang makan buah manis tanpa lemak dan/atau kurang makan sayur segar berwarna hijau.

 

Tapi, bagaimana pola makan segar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kita? Bagaimana pola makan ini juga membuat kita terjaga dari akibat kelebihan nutrisi?

Tentang Protein :

–          Untuk Mendapatkan Kecukupan Protein

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/c33c3e0d2fab617d#

–          Kelebihan Protein (1)

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/63010bf7a6f4b342#

–          Kelebihan Protein (2)

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/76f1fa01ee764a97#

–          Kelebihan Protein (3)

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/86a1d8dc0a2afbcc#

–          Benarkah kita memerlukan protein pada tiap kali kita makan?

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/6a55d4ddf9527453#

 

Tentang Zat Besi :

–          Mendapat Kecukupan Zat Besi

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/0e2c7f5ac15a155a#

 

Tentang Kalsium :

–          Takut Kekurangan Kalsium?

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/a204fc0d19d101bd#

 

Tentang Yodium :

–          Kurang Yodium?

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/5671dc29e79a06fd#

 

Tentang Vitamin D :

–          Menjadi Sehat itu Memang Sangat Mahal (5), Sinar Matahari

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/3926d1415d6e4163#

Tentang Vitamin B-12 :

–          Menjadi Sehat itu Memang Sangat Mahal (3), Suplemen

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/d4b376c6dbf92f93#

–          Makanan Sehat atau Makanan Baik

http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_frm/thread/3693d601492ab0cf#

 

–                        

Lalu, bagaimana dengan yang lain seperti: vitamin A, E dan K serta omega-3, EPA dan DHA? Berapa banyak kita memerlukannya dan bagaimana pola makan segar dapat memenuhi kebutuhan tersebut tanpa menimbulkan kemungkinan menjadi berlebihan? Silahkan ikuti diskusi berikutnya…

 

Dan …..

semoga makin bisa menikmati hidup sehat, bugar dan bahagia sepanjang masa

tanpa obat dan tanpa suplemen!

 

 

(bersambung)


Makanan segar atau makanan kehidupan atau living food adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Daging, telur, ikan dan susu mentah tidak termasuk ke dalam golongan makanan kehidupan karena mereka tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

2 Comments»

  Rachmad Hidayat wrote @

Selamat pagi Pak Suman, saya Rachmad. Saya sdh hampir 2 bulan kena maag, Alhamdulillah lambungnya tidak apa2, jadi dokter berkesimpulan lebih karena beban pikiran. Setelah baca2 postingnya Pak Suman, semenjak maag saya mencoba makan sayuran segar dan buah-buahan dan menghindari makanan hewani, makannya masih sama nasi sih, akan tetapi badan saya masih lemas, belum normal, apakah mungkin karena belum terbiasa makan sayuran segar dan buah-buahan? Saya juga masih mengkonsumsi obat dari dokter. Saya ingin meminta saran dari Pak Suman, dengan kondisi seperti saya ini, makanan apa dari sayuran dan buahan segar yang sebaiknya saya makan sehingga kenyang dan bertenaga?

Like

  suman sutra 苏 宝 龙 wrote @

Karna pak rachmad ada penyakit maag., sebaiknya mengkonsumsi buah yg segar dan manis. Jangan yg asam. Utk sayuran., pilihlah sayuran yg tidak mengandung gas asam tinggi. Sayuran sebaiknya dibersihkan dgn air garam dan klu memungkinkan konsumsi yg organik. Tubuh perlu penyesuaian apabila baru mulai konsumsi sayuran dan buahan. Semoga berhasil

Like


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: