SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Apakah para penganut pola makan makanan mentah mendapatkan kecukupan protein?

Apakah para penganut pola makan makanan mentah mendapatkan kecukupan protein?

 

Banyak orang menanyakan, bagaimana para penganut pola makan “makanan mentah” atau “makanan kehidupan” mendapatkan protein. Banyak juga orang yang khawatir untuk mengikuti pola makan itu karena berpikir bahwa makanan mentah tidak akan bisa memberikan kecukupan nutrisi karena ada sejumlah nutrisi yang diperlukan tubuh yang tidak ada pada makanan mentah. (Makanan mentah yang dimaksud di sini adalah sayur dan buah segar (yang tidak dipanaskan lebih dari 45 0C serta bijian, kacang-kacang, buah yang segar maupun kering. Daging, telur, ikan dan susu tidak termasuk kelompok makanan mentah sekalipun tidak dipanaskan, karena semuanya itu sudah menjadi “sampah” atau “bangkai”).

 

Mereka berpikir bahwa protein hanya berasal dari daging, susu, telur, ikan atau bahkan susu kedelai (soya). Padahal sebenarnya tiap kehidupan terdiri atas protein.

Tiap makanan nabati dan segar mengandung begitu banyak protein berkualitas tinggi. Sayuran, buah dan biji-bijian mengandung protein yang banyak. Tanaman laut dan algae (ganggang) juga kaya akan protein. Protein yang mereka miliki lebih sehat bagi tubuh kita karena mereka juga memberikan serat untuk tubuh sehingga kita menjadi lebih mudah buang air besar secara teratur.

Sebaliknya, protein hewani memiliki dinding yang terbuat dari kolesterol dan tubuh kita tidak dipersiapkan dengan baik untuk bisa menguraikannya. Minyak (oli, gemuk) dari protein hewani melumuri dan melapisi usus kita sehingga proses penyerapan menjadi sulit. Kita mengalami sembelit dan juga mendapatkan resiko yang jauh lebih besar untuk mengalami penyumbatan arteri akibat kolesterol dari protein hewani terserap ke dalam sistem peredaran darah.

 

Jika kita mengkonsumsi berbagai macam tanaman segar, termasuk banyak sayur berwana hijau, maka kita akan mendapatkan 100% protein yang lengkap karena semua 8 asam amino utama ada terdapat di dalamnya dalam jumlah yang sangat besar. Buah dan sayuran sangat berperan untuk memastikan kita mendapatkan 8 asam amino utama yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

 

Ada berbagai ide yang menarik untuk mendapatkan kecukupan protein bagi tubuh kita, yaitu dengan mengkonsumsi buah dalam jumlah yang banyak serta sayur segar organik sebagai pelengkap ( buatlah jus sayuran segar dan “green smoothie” ( jus sayur berwarna hijau dengan campuran buah, tanpa gula) sebagai sajian yang menyegarkan.

 

Dalam kehidupan, tak ada satupun yang dapat menjamin bahwa apa yang kita lakukan dapat membantu untuk hidup lebih panjang dan tetap segar bugar. Tetapi, ketika sampai pada pilihan makanan, kita dapat memastikan bahwa  yang kita berikan kepada tubuh dapat memberikan kesempatan berjuang untuk hidup dengan jauh lebih baik sebagaimana yang kita dapatkan dari makanan itu.

 

Pilihlah makanan terbaik untuk tubuh kita dan selamat menikmati.

Bagi yang punya anak kecil, dapatkan resep makanan mentah yang menarik di

http://www.rawkidsrecipes.com


Makanan mentah atau makanan kehidupan atau living food adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Daging, telur, ikan dan susu mentah tidak termasuk ke dalam golongan makanan kehidupan karena mereka tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

No comments yet»

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: