SumanSutra

"Am a Vegan and Green to Save the World" twitter: @sumansutra fb:sumansutra LinkedIn: sudarman email: sumansutra@gmail.com

Rahasia Penciptaan Adam


Rahasia “Penciptaan Adam”

Oleh Xiang Zhi, Hsinchu, Formosa

(Asal dalam Bahasa China)

creation-of-adam

http://en.wikipedia.org/wiki/Creation_of_Adam

Gambar : Lukisan Karya Agung Michaelangelo “Penciptaan Adam”

Melingkari Lukisan Penciptaan Adam dengan diagram berbentuk otak manusia, dapat dilihat bahwa tirai yang mengililingi para malaikat persis sama dengan gambar bentuk otak, dan posisi mata kebijaksanaan berada di sekitar titik dekat ketiak Tuhan.

Suatu potongan silang dari gambar otak manusia: lingkaran kecil menunjukkan posisi kalanjer pineal, atau mata kebijaksanaan.


Michaelangelo adalah seorang pematung, pelukis, arsitek dan penyair asal Italia, terkenal sebagai salah satu tiga besar artis teragung pada era Renaissance (catatan penerjemah: era berkembangnya minat dan kegiatan di bidang seni, literatur dan pemikiran di Eropa, khususnya di bagian utara Itali, selama abad ke 14, 15 dan 16), bersama Leonardo da Vinci dan Sanzio Raphael. Diantara karyanya adalah lukisan “Penciptaan Adam” yang terkenal di berbagai kalangan dan dijunjung tinggi seluruh dunia, dan merupakan bagian penting dari karya agung pertama beliau, suatu rangkaian lukisan dinding berdasarkan Kitab Kejadian. Lukisan tersebut yang diselesaikan dalam waktu empat tahun, menggambarkan Tuhan sedang menciptakan Adam. Tuhan digambarkan dengan dikelilingi oleh sekelompok malaikat sambil membentangkan jari Nya kepada ciptaan baru Adam, yang berbaring dengan tanpa daya di tanah, sambil menunggu untuk menerima kekuatan dan kehidupan lengkap dari sang Pencipta.

Sejak dahulu kala, orang tidak asing dengan episod ini yang tercatat di Kitab Kejadian. Sehingga, pada waktu menghargai Penciptaan Adam, mereka cenderung diminta untuk memperhatikan keindahan dari keremajaan dan kesehatan yang terpancar keluar dari Adam yang baru lahir, demikian juga pada kebijaksanaan dan kasih-sayang yang terpancar dari Tuhan, yang sebaliknya terlihat lebih tua.

Namun demikian, jika kita mempelajari lukisan ini dari sudut pandang rohani, kita akan kagum menemukan begitu banyak makna yang lebih berarti tersembunyi dibalik itu. Melalui Penciptaan Adam, Michelangelo mencoba mengungkapkan tabir mata kebijaksanaan! Jika kita dengan teliti memperhatikan kelompok malaikat yang mengitari Tuhan dalam lukisan tersebut, kita dapat melihat bahwa lingkaran garis para malaikat persis suatu diagram dari otak manusia. Tirai yang mengitari para malaikat dengan jelas mengungkapkan potongan otak manusia. Titik di mana Tuhan mengulurkan lengan kanan melewati otak (tirai yang mengitari para malaikat) mewakili pusat dahi – titik yang Guru selalu mengingati kita untuk memusatkan perhatian. Masuk lebih dalam dari titik ini ke sekitar letak ketiak kiri Tuhan dalam lukisan tersebut adalah kelenjar dalam otak manusia – letak mata kebijaksanaan. Michelangelo telah menciptakan lukisan dinding ini sebagai suatu acuan pengungkapan kepada dunia, dalam suatu cara yang sangat cerdas dan metaforikal (samar-samar), bahwa sejak awal mula penciptaan manusia, Tuhan telah berkomunikasi dengan manusia melalui mata kebijaksanaan; kehidupan dan kekuatan yang diberikan oleh Tuhan juga disalurkan melalui celah rahasia yang menghubungi alam duniawi dan Kerajaan Surgawi.

Alkitab menyatakan bahwa kita adalah bait Allah. Micheangelo maju selangkah lebih jauh dengan menunjukkan posisi singasana Tuhan dalam lukisannya, dan mengungkapkan tabir abadi alam semesta kepada dunia. Mempertimbangkan talentanya yang luar biasa dalam berbagai bidang, dalam rentang waktu pemenuhannya, kita dapat memperkirakan bahwa, lima ratus tahun lalu, Michelangelo telah menjelajahi bait Allah dan memperoleh harta pusaka yang tak habis-habisnya.

<Diterjemahkan dari Coloring Our Lifes – A collection of quotes and spiritual teachings by The Supreme Master Ching Hai. Hal 149-150>

%d bloggers like this: